Featured

TIPS TRAVELING KERE TAPI BISA TAMPIL WAH

by - September 18, 2017

Bagi kamu yang sering melakukan traveling secara low budget atau istilah lainnya menjadi backpacker. Tidak perlu khawatir soal penggunaan uang dan berbagai akomodasi perjalanan lainnya. Sebab terdapat macam cara dan tips yang bisa dilakukan agar perjalanan kamu tidak harus mengeluarkan uang banyak.

Berikut ini cara yang bisa saya sampaikan kepada kamu yang akan melakukan traveling atau teruntuk traveler pemula yang ingin menambah wawasan dalam melancong hemat.

1. RISET PENGALAMAN TEMAN

Sebelum kamu memutuskan untuk pergi kemana, pastikan dahulu pengalaman atau cerita beberapa teman-teman yang pernah berlibur ke suatu tempat. Mungkin temanmu bisa memberikan saran terbaik untuk menuju suatu lokasi yang pernah dicobanya.

Meskipun mungkin bila teman-temanmu telah berkunjung ke sana dengan cara yang boros, tentunya terdapat celah menarik untuk menuju tempat tersebut secara murah.

Selain itu, kamu juga perlu melakukan riset perjalanan di internet. Tentunya di dunia maya terdapat berbagai macam pengalaman orang-orang yang telah berjalan-jalan dengan berbagai macam tips yang bisa diikuti.

2. PESAN TIKET JAUH-JAUH HARI


Ini adalah hal yang sangat saya suka. Memesan tiket jauh-jauh hari bisa memungkinkan kamu mendapatkan jatah kursi lebih banyak. Terlebihnya lagi, bagi kamu yang memesan tiket pesawat bisa menemukan harga terbaik untuk berlibur.

Saya menyarankan mesan tiket untuk keberangkatan di hari-hari kerja. Sebab pada hari-hari kerja akan lebih banyak harga-harga tiket (terutama pesawat) yang miring untuk dipesan daripada akhir pekan.

3. BERANGKAT BERSAMA TEMAN-TEMAN

Teman adalah kekuatan! - Patrick Star, Spongebob Squarepants.

Sebagaimana yang pernah saya jelaskan di artikel ALASAN MENGAPA LEBIH BAIK MENJADI TRAVELER JOMBLO, traveling bersama teman-teman bisa memunculkan banyak cerita asik dibaliknya.

Selain itu, perjalanan bersama teman-teman memiliki kemudahan dalam kebutuhan. Teman-teman bisa menolong, berbagi di saat kesusahan, dan meringankan dana yang bisa sangat mahal jika dibayar sendiri. Jasa-jasa teman-teman adalah hal yang murah untuk dibayar, cukup melakukan hubungan timbal balik di saat mereka membutuhkan.

4. RENCANAKAN KEUANGANMU DALAM BERPERGIAN

Terinspirasi dari perjalanan beberapa keluarga saya yang ingin pergi umroh dan haji, sisihkan uang untuk membeli tiket termurah. Hitung-hitung jika uang tabunganmu sedikit surplus bisa menjadi deposit untuk akomodasi perjalanan.

Tak hanya menabung, kamu juga bisa memanfaatkan pembelian tiket pesawat transit dengan secara terpisah.

Misal kasus: 

Saya ingin pergi ke Labuan Bajo dari Jakarta pada bulan Maret, sedangkan sekarang adalah September. Uang bulanan yang saya miliki per-bulan adalah Rp1.000.000. Harga tiket Jakarta-Labuan Bajo pulang-pergi berkisar Rp3.000.000 dan perjalanan tersebut akan transit serta multi-maskapai di Bali.

Yang saya lakukan:

Pada bulan September, saya memesan tiket Jakarta-Bali terlebih dahulu yang kisaran harganya sekitar Rp.500.000 untuk penerbangan bulan Maret. Bulan Oktober, saya memesan lagi tiket Bali-Labuan Bajo dan yang ternyata kisaran harganya Rp.500.000 juga untuk penerbangan ditanggal yang sama dan selisih beberapa jam dari sesampainya saya di Bali. Begitu juga untuk tiket pulang, saya membelinya pada bulan November dan Desember. Secara otomatis, saya masih bisa menikmati perjalanan tanpa harus menunggu memiliki 3 juta.

Berjalan-jalan itu mudah, asal kita niat mengatur keuangan kita.

5. MANFAATKAN KENALAN

Untuk kamu yang menjadi anak muda, tidak mungkin jika tidak memiliki teman yang berasal dari daerah yang jauh. Pastinya, temanmu yang berasal dari daerah lain tentunya akan merasa senang jika kamu berkunjung ke daerahnya.

Manfaatkan momen tersebut agar kamu tidak menginap di hotel yang mahal yang bisa merusak pendanaan kamu. Namun jika tidak ada kenalan, mau tak mau kamu bisa menginap di hotel murah bernama Hotel Merah Putih (pom bensin) atau Hotel Bulan Bintang (masjid).



7. GUNAKAN TRANSPORTASI UMUM ATAU NEBENG


Pernah dengar istilah "belum jadi backpacker kalo masih pake transportasi pribadi". Nah, untuk menjadi traveling murah, tentunya gunakan trik dari para backpacker ini. Cukup dengan mengacungkan jempol atau memberhentikan kendaraan, pasti bisa jalan lebih jauh. Tidak usah khawatir jika tersesat, karena menjadi pelancong adalah cerita dalam petualangannya.

Selain itu, kamu juga bisa manfaatkan transportasi umum seperti angkot, bus patas, dan transportasi umum lainnya. Tentunya membayar transportasi umum lebih murah daripada harus menyewa transportasi umum.

8. KURANG-KURANGI BELI OLEH-OLEH


Mungkin ini sudah tradisi orang-orang jika pergi jauh belum pas rasanya membeli oleh-oleh. Padahal cerita tentang perjalanan sudah cukup menjadi oleh-oleh itu sendiri daripada harus repot-repot membeli oleh-oleh yang menguras uang.

Jika memang harus membeli oleh-oleh, belilah di tempat yang murah dan jauh dari tourist spot. Biasanya toko souvenir oleh-oleh dekat tourist spot harganya akan sangat tinggi.

9. BERKULINERLAH DI TEMPAT MAKAN LOKAL


Makanan lokal yang menjadi khas di daerah yang dituju, tentunya lebih murah daripada makanan lokal tersebut ada di luar daerahnya.

Contohnya:
Makanan angkringan (nasi kucing) di Yogyakarta dan Surakarta cukup merogoh kocek sekitar Rp 2.500 untuk satu nasi kucing. Sedangkan angkringan khas Jogja di Jakarta, nasi kucingnya bisa seharga Rp12.000.
Nasi Padang di Jakarta harganya bisa 20an ribu rupiah. Sedangkan bila kamu ke Sumatera Barat, tidak ada warung nasi padang, yang ada hanya warung makan yang isinya sama dengan warung makan padang dan harganya terjangkau.

Jadi tidak perlu jauh-jauh ke luar kota jika kamu nantinya hanya memakan K*C atau M*D. Rasakan sensasi lokalnya.

10. IKUTI OPEN TRIP


Dengan mengikuti open trip, kamu bisa lebih hemat menikmati liburan kamu. Misalnya perjalanan saya ke Krakatau, saya menggunakan open trip agar murah dan terjamin saat berjalan-jalan. Selain kamu bisa mengenal lebih banyak orang, kamu tidak perlu membayar mahal-mahal dengan trip sendirian.

Maka, liburan yang "Wah" tidak harus repot-repot merogoh kocek yang banyak. Cukup mengikuti tips diatas, kamu bisa berlibur dengan cerita yang "Wah" untuk dibagikkan kepada teman-temanmu yang tidak bisa menikmati perjalanan denganmu.

Selain itu, jika kamu bisa berhemat pastinya kamu bisa merencanakan lagi travelingmu pasca traveling sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa dikira banyak uang untuk berlibur oleh teman-temanmu yang iri dengan liburanmu.

You May Also Like

0 komentar