Featured

MENGUNGKAP PENGOLAHAN DAN PEMROSESAN BIJI KOPI LEBAK MUNCANG

by - Februari 09, 2018

Pada penghujung bulan awal tahun 2018, saya bersama Stargazer Roastery melakukan perjalanan ke Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, untuk bertemu dengan seorang partner yang sekaligus pengembang kopi Ciwidey. Ciwidey memiliki berhektar-hektar kebun kopi yang menjadi idola pecinta kopi. Di kawasan yang berada di ketinggian menjadi kawasan yang pas untuk menanam dan membudidayakan tanaman kopi. Memang pada umumnya, penanaman bibit-bibit kopi di Ciwidey ini dilakukan di ketinggian ideal, seperti 1200 hingga sekitar 1500 meter di atas permukaan laut.
Di sana kami bertemu dengan partner kami tersebut, bapak Asep Sudirman, sekaligus partner koperasi Kelompok Tani Mekarsari, yang membantu petani kopi Ciwidey mengembangkan budi daya biji kopinya. Bersama bapak Susandi sebagai ketua RW 08, Lebak Muncang,  mengkoordinasikan para petani sekitar sejak 3 tahun yang lalu. Berbagai kegiatan sebagai bentuk kerjasama, dilakukannya seperti sharing dengan perhutani disela-sela penanaman bibit kopi.
Koperasi kopi yang terdiri dari 20 petani ini, memiliki varietas kopi beragam seperti, kartika, typica, dan Lini S 795. Selain itu juga terdapat beberapa varietas lainnya yang sedang mulai dikembangkan di sini antara lain, Sigararutang, Ateng Hijau dan Preanger. Kebun kopi ini tersebar dalam 6 hektar di lereng pegunungan, yang letaknya tersebar dengan jarak antar pohon 2 meter per segi.
Proses panen biji kopi ini dilakukan selama 5 hingga 6 bulan, dari Mei hingga Desember. Pemetikan ceri dilakukan secara manual dimulai pukul 11 siang, dan pengolahan hasil panennya dilakukan pukul 1 siang.  Ceri merah yang terpilih akan diproses melalui beberapa metode seperti, fullwash, natural, dan semi-wash untuk kemudian bisa diedarkan.
Biji kopi yang di produksi dari kelompok tani ini, memiliki kualitas yang baik sehingga Stargazer Roastery mempercayai bapak Asep untuk menyuplai kopi dari kelompok tani ini. Kopi ini memiliki karakter rasa yang cukup ciri khas antara lain brown sugar, rasa fruity yang cukup mendominasi dan rasa yang jarang didapatkan dari kopi daerah lain.
Kebun :  Kelompok Tani Mekarsari.
Area : Lebak Muncang , Ciwidey, Jawa Barat.
Varieatas : Kartika, Typica, Lini S 795, Sigararutang, Ateng Hijau, Preanger.
Proses :  Fullwash, semi-wash dan natural.
*Artikel ini pernah saya tulis di website Stargazer Roastery, dengan judul yang sama.

You May Also Like

0 komentar