Featured

PANTAI KLAYAR

by - April 01, 2017

Hai guys, kali ini saya akan membahas jalan-jalan ke pantai lagi, nih. Pantai kali ini enggak akan kalah serunya dan asiknya dengan pantai sebelumnya yang udah saya ceritain, dan berada di selatan pulau Jawa. Tepatnya pantai ini berada di Pacitan, Jawa Timur.

Nah, bagi Anda yang pengen tahu seperti apa itu pantai Klayar. Pantai Klayar adalah sebuah wisata indah dengan karang-karangnya yang menampilkan seni alam yang berkolaborasi bersama ombak-ombak pantai selatan.

Di sana dihiasi dengan ombak-ombak yang menakjubkan keindahannya. Salah satunya ombak yang menyembur diantar karang sehingga seperti hembusan air dari paus (Namun sayangnya waktu saya ke sana, tempatnya lagi ditutup).

Perjalanan yang saya tempuh waktu itu sekitar 3-4 jam perjalanan dari Yogyakarta untuk kesana menggunakan motor. Jika diibaratkan sama seperti turing dari Yogyakarta ke Semarang via Magelang.

Foto ini dari intenet.
Namun, hati-hati saat ke pantai Klayar. Pantai Klayar bukanlah pantai yang bisa digunakan untuk berenang karena banyaknya karang dan ombaknya yang kencang. Jadi, berhati-hati aja, guys.


Untuk bisa akses ke pantai Klayar dari Kota Yogyakarta, Anda bisa melewati Gunung Kidul via Wonosari, lalu meluncur jalan terus melewati hutan-hutan berbukit setelah melewati Wonosari. Setelah keluar melalui hutan-hutan yang berbukit yang dengan pemandangan indah, ambil menuju Pracimantoro. 


Nih catatan nih guys, setelah melewati Pracimantoro Anda harus ambil jalan menuju Pacitan, namun jalan setelah Pracimantoro sedikit rusak dan licin (pada saat saya melewatinya, karena masih dalam proyek (Januari 2017)), maka berhati-hatilah. Setelah itu Anda akan melewati jalan kelok-kelok dan ambil jalan menuju desa bernama Kalak dan ikuti petunjuknya.

Jika dari Surakarta (Solo), melaju via Wonogiri dan mengambil arah Pacitan, perjalanan sekitar 3-4 jam juga dari Surakarta. 

Ingat! Jangan mengambil rute arah Pracimantoro agar tidak terkena jalan rusak. Lalu akan menemui jalan Pacitan-Yogyakarta. Beberapa kilometer perjalanan, ambillah desa Kalak dan meluncur hingga pantai Klayar.

Jika dari Surabaya, Anda beruntung tidak akan terkena jalanan laknat yang dilalui setelah Pracimantoro. Cukup melalui Kediri lalu ke arah Ponorogo, turun terus hingga Pacitan. Setelah Pacitan ambillah jalan Pacitan-Yogyakarta. Beberapa kilometer dalam perjalanan akan ada tanda menuju Klayar atau desa Kalak dan melajulah hingga menemukan pantai Klayar setelah beberapa kilometer.

Sangat dianjurkan tidak menggunakan google maps, sebab google maps menuju pantai Klayar kadang salah dan bablas ke pemukiman warga yang buntu jalannya.

You May Also Like

0 komentar