Featured

5 MAKANAN TERMURAH YANG BISA SELAMATKAN PERUT BACKPACKER

by - Januari 02, 2018


Lapar, kekurangan uang, dan bingung makan apa, menjadi kendala bagi  beberapa bagkpacker. Keberadaan makanan murah, enak, dan cukup mengenyangkan sangatlah sedikit ditemui di tempat perjalanan.

Namun tidak semuanya mesti mahal kok, sebagaimana yang pernah saya jelaskan di artikel TIPS TRAVELING KERE TAPI BISA TAMPIL WAH, kamu perlu pandai-pandai mencari makanan dan tidak tergantung pada makanan berkelas dan gengsi. Maka, saat kamu melancong di suatu tempat pastikan kamu menemukan makanan khas suatu daerah, sehingga bisa menemukan makanan-makanan murah untuk perjalanan.

Di antara makanan murah lainnya untuk backpackeran, saya menemukan 5 makanan paling murah untuk menemanimu melancong ria.

1. Nasi Kucing (Yogyakarta-Surakarta)
Sumber: Tribunnews
Nasi Kucing bukan berarti makanan nasi buat dimakan kucing lho. Bagi kamu yang sering ke Jogja atau Solo, tentu tidak asik dengan nasi kucing yang dijajakan di angkringan. Harganya hanya Rp 2.500 hingga Rp3.000 saja, kamu bisa menikmatinya sambil nambah-nambah lagi.

2. Nasi Jinggo (Bali)
Sumber: Internet.
Nasi Jinggo adalah makanan murah yang bisa kamu temui di pinggir jalan atau warung-warung di sudut Bali. Biasanya sering dijual lesehan di trotoar Bali. Perlu kamu ketahui, kebanyakan orang mengatakan Nasi Jinggo adalah makanan pedas, jadi bagi kamu yang lidahnya gak kuat pedas siapkan air putih ya.

Meskipun pedas, porsi Nasi Jinggo lebih banyak daripada Nasi Kucing. Sehingga harga kisaran Nasi Jinggo di Bali adalah Rp 5.000an saja. Cukup untuk mengenyangkan perut dan memanaskan bibir.

3. Nasi Bungkus (Banyuwangi)

Serupa dengan Nasi Jinggo, harganya juga serupa, nasi bungkus di Banyuwangi tersedia di gerobak-gerobak kaki lima. Kisaran harga Nasi Bungkus sekitar Rp 4.000-Rp 5.000. Namun kamu perlu hati-hati jika kamu berada di sembarang gerobak Nasi Bungkus, sebab ada yang akan menaikkan harga Nasi Bungkusnya jika kamu ketahuan bukan berlatarbelakang kebudayaan Jawa, makanya siap-siap mengatakan "Segone siji, mas. (Nasinya satu, mas)"

4. Nasi Balap Puyung (NTB)
Sumber: Kompasiana
Nasi Balap Puyung biasanya bisa kamu temui di Lombok. Makanan ini masih sekeluarga dengan Nasi Jinggo. Isi dari Nasi Balap Puyung juga beragam, dan bisa kamu tentukan sendiri lauknya. Harganya juga masih dikisaran Rp10.000an kok, tergantung jumlah lauknya.


5. Makanan Burjonan (Yogyakarta-Surakarta-Semarang)
Sumber: Dagelan
Bagi kamu mahasiswa Jogja, Solo dan Semarang, tentunya tidak asing dengan istilah Burjonan kan? Di Jakarta biasanya disebut Warteg dan penjualnya biasanya orang Jawa bagian ngapak (Tegal-Cilacap-Banyumas-Wonosobo). Namun berbeda di Jakarta, Burjonan sendiri warung makan yang harganya lebih murah daripada warteg di Jakarta, dan biasanya penjualnya adalah orang Sunda Kuningan.

Harga di Burjonan bisa tergolong murah. Makanan yang tersedia seperti Magelangan (Mie Goreng+Nasi Goreng) yang harganya berkisar Rp8.000 hingga Rp12.000, Nasi Telor sekitar Rp5.000 hingga Rp7.000an.

***

Itulah 5 makanan termurah yang bisa kamu temui jika berkunjung ke tempat-tempat tersebut. Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk menjaga keuanganmu dalam perjalanan. Tentunya, jangan lupa minum obat maag jika kamu telat untuk makan, dan bacalah doa sebelum makan. ciao.

You May Also Like

0 komentar